News Bekasi Reborn. co.id

Aktual, Tajam & Terpercaya

Hudaya: “SELAIN E-KTP DAN KIA, PRODUK CASIP BISA DI CETAK DIRUMAH”

1 min read
News Bekasi Reborn. co.id Hudaya: "SELAIN E-KTP DAN KIA, PRODUK CASIP BISA DI CETAK DIRUMAH"

News Bekasi Reborn. Co | BEKASI – Agar pelayanan berbasis online yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi memiliki payung Hukum. Disdukcapil melalui Bupati Bekasi meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tingkat 2 Kabupaten Bekasi membuat Perda tentang layanan Kependudukan guna menyesuaikan dengan Intruksi Presiden Republik Indonesia.

“Selama ini kita berpatokan pada Perbup Bupati Bekasi tahun 2019.” Ujar Hudaya, Kepala Disdukcapil. Usai mengikuti sidang paripurna yang digelar DPRD Kab. Bekasi. Di gedung DPRD Kab. Bekasi, Cikarang Pusat. Senin (06/04).

Menurut Hudaya, layanan berbasis online yang dilaksanakan dinasnya telah lama dilaksanakan dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Kecamatan maupun Pemda. Apalagi ke pengurus RT atau RW guna mendapatkan produk DISDUKCAPIL.

“Selain E-KTP dan KIA, masyarakat dapat mencetak sendiri dengan menggunakan kertas kertas HVS.” Jelas Hudaya.

Hal itu sesuai dengan intruksi Presiden RI yang tidak lagi menggunakan kertas security dalam mencetak Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Untuk melayani masyarakat yang tidak faham dengan internet, disdukcapil tetap membuka layanan secara langsung. Agar semua kebutuhan produk disdukcapil tetap terpenuhi.

Sedangkan untuk E-KTP dan KIA layanan tetap secara langsung. Karena menggunakan blanko khusus. Dan bisa langsung di cetak di kantor kecamatan setempat.

“Setiap kecamatan telah didistribusikan Blanko E-KTP. Tidak ada istilah blanko kosong.” Tegas Hudaya.

Menurut Hudaya, setiap stock blanko E-KTP di disdukcapil tinggal 2000 buah. Disdukcapil segera meminta tambahan blanko ke kementrian dalam negeri.

“Kiriman blanko paling sedikit 6000 dan paling banyak 10 ribu setiap bulannya.” Jelas Hudaya. (hrly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + seventeen =