News Bekasi Reborn. co.id

Aktual, Tajam & Terpercaya

Woooww.. Program KKS Di Desa Bantarjaya Bisa Tukarkan Dengan Uang Tunai di E_Warung, Kok Bisa Yah..!!

2 min read
News Bekasi Reborn. co.id Woooww.. Program KKS Di Desa Bantarjaya Bisa Tukarkan Dengan Uang Tunai di E_Warung, Kok Bisa Yah..!!

News Bekasi Reborn. Co | BEKASI – Kementrian Sosial melakukan program Jaring Pengamanan Sosial (JPS) terhadap dampak Covid-19, dengan melakukan perluasan Program Sembako dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

KKS sembako covid-19 merupakan program bantuan sembako bagi masyarakat miskin yang terdampak covid-19 dari Kemensos RI, Penyalurannya yang berlangsung selama 9 bulan, dengan per bulannya Rp 200.000 yang di tukarkan di E_Warung dengan jenis Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Namun beda halnya dengan KPM di Desa Bantarjaya, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, KPM yang mendapatkan KKS bisa ditukar dengan Uang Tunai.

Berdasarkan informasi yang di dapat, bahwa adanya KPM yang bisa menukarkan program KKS dengan uang tunai kepada salah satu E_Warung, yang tepatnya di Kp.Selang Desa Bantarjaya.

News Bekasi Reborn. co.id Woooww.. Program KKS Di Desa Bantarjaya Bisa Tukarkan Dengan Uang Tunai di E_Warung, Kok Bisa Yah..!!

Menggali informasi lebih dalamnya, Ketua Rukun Tetangga (RT) dengan inisial MN mengakui benar adanya satu orang yang mencairkan KKS di tukar dengan uang tunai sebesar Rp. 600 Ribu.

“Iya ada warga saya yang meminta program KKS saat pencairan , untuk di tukarkan ke Uang Cash/Tunai. Ucapnya.

“Saya bingung yang saya tau itu tidak bisa, namun dengan dalil warga saya yang meminta di bantu untuk berobat orang tuanya dan itu bisa di beberapa KPM lainnya, akhirnya saya pertanyakan ke ketua RT lainnya dan memang di akui itu bisa, saya juga langsung mencoba ke E_ Warung untuk menukarkan dengan uang tunai, ternyata benar itu bisa.”Jelasnya MN

Setelah mendapatkan uang itu MN kembalikan ke KPM dan dirinya diberikan uang Rp. 100 Ribu atas tanda terimakasih, namun MN menolak keras agar tidak usah di beri, dengan sedikit adanya paksaan untuk menerima akhirnya MN pun menerima nya uang Rp. 100 Ribu tersebut.

“Saya dikasih Rp. 100 Ribu, namun tidak bersih karena adanya potongan dari E_Warung sebesar Rp. 25.000 Ribu, dan Sisanya Rp. 75.000 Ribu untuk saya”. terangnya MN. Selasa (30/06/2020) saat di hubungi melalui Telepon selulernya.

Membingungkan iya itu kata yang tepat, KKS program Pemerintah Pusat yang memang di anjurkan untuk tidak diperbolehkan mendapat uang Tunai, agar KPM menukarkan dengan sembako kepada E_Warung, namun di Desa Bantarjaya ditemukan adanya E_Warung yang memperbolehkan penukaran Uang Tunai.

Bukan kah Pemerintah Pusat sudah begitu jelasnya menerangkan Bahwa KKS adalah Program BPNT, yang tidak bisa di cairkan dengan uang tunai.

Diduga E_Warung di Kp. Selang Desa Bantarjaya telah keluar dari prosedur yang berlaku dan disinyalir kuat dugaan adanya sejumlah KPM yang juga menukarkan dengan Uang Tunai.

Entah dengan acuan dan dasar apa, E_Warung di Kp. Selang Desa Bantarjaya hingga memperbolehkan program KKS di tukar dengan Uang Tunai dan menjadi pertanyaan besar dimana pengawasan dari TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) yang membiarkan itu di perbolehkan.

Saat mencoba mengkonfirmasi pemilik E_ Warung Nurdin yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua BPD di Desa Bantarjaya, namun dirinya sedang tidak ada drmh, di hubungi melalui telepon tidak kunjung terhubung.

Sampai berita ini ditayangkan, belum adanya penjelasan dari pemilik E_Warung dengan adanya Penukaran program KKS di tukar dengan Uang Tunai. (Brian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + thirteen =